Informasi Seputar Bisnis Indonesia

Jumat, 12 Februari 2021

Info Terkini, Pajak Mobil Baru 0 Persen Berlaku 3 Bulan, Enam Bulan Berikutnya Didiskon

Info Terkini, Pajak Mobil Baru 0 Persen Berlaku 3 Bulan, Enam Bulan Berikutnya Didiskon

Pemerintah menerapkan kebijakan insentif penurunan tarif PPNBM untuk kendaraan bermotor segmen di bawah 1.500 cc dengan kategori sedan dan 4x2. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, kebijakan berupa diskon pajak tersebut diberikan untuk mengambil momentum pemulihan ekonomi. "Segmen tersebut dipilih karena meripakan segmen yang diminati kelompok masyarakat kelas menengah dan memiliki local purchcase di atas 70 persen," jelas Sri Mulyani dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/2/2021). Diskon pajak dilakukan secara bertahap hingga dengan Desember 2021 agar memberikan dampak yang optimal.

 

Diskon pajak sebesar 100 persen dari tarif normal akan diberikan pada tiga bulan pertama, 50 persen dari tarif normal pada tiga bulan berikutnya, dan 25 persen dari tarif normal pada tahap ketiga untuk empat bulan.

Besaran diskon pajak akan dievaluasi efektivitasnya setiap tiga bulan. "Kebijakan diskon pajak ini akan menggunakan PPnBM DTP (ditanggung pemerintah) melalui penerbitan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dan ditargetkan akan mulai diberlakukan pada Maret 2021," jelas Sri Mulyani.

Ia pun menjelaskan, pemberian diskon pajak kendaraan bermotor ini didukung kebijakan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong kredit pembelian kendaraan bermotor, yaitu melalui pengaturan mengenai uang muka (DP) 0 persen dan penurunan ATMR Kredit (Aktiva Tertimbang Menurut Risiko). Kombinasi kebijakan ini harapannya juga dapat disambut positif oleh para produsen dan dealer penjual untuk memberikan skema penjualan yang menarik agar potensi dampaknya semakin optimal.

Pemberian diskon pajak juga diharapkan mampu mengungkit kembali penjualan kendaraan mobil penumpang yang mulai bangkit sejak bulan Juli 2020. "Diskon pajak ini juga berpotensi meningkatkan utilitas kapasitas produksi otomotif, mengungkit gairah Konsumsi Rumah Tangga (RT) kelas menengah dan menjaga momentum pemulihan pertumbuhan ekonomi yang telah semakin nyata. Di sisi konsumen, lebaran dengan tradisi mudiknya diharapkan juga akan meningkatkan pembelian kendaraan bermotor. Tentunya hal itu dapat terlaksana apabila pandemi Covid-19 telah melandai," ujar Sri Mulyani.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Cara Reset Canon IP 2770 Paling Mudah

Berkenalan Dengan Istilah Information Retrival Pada Pemrograman


(KOM)(MLS)

Share:

Kamis, 11 Februari 2021

Parah! Ramairamai Diadopsi, Harga Bitcoin Tembus Rp 672 Juta

Parah! Ramairamai Diadopsi, Harga Bitcoin Tembus Rp 672 Juta

Harga bitcoin kembali melonjak kedua kalinya minggu ini, lebih dari 48.000 dollar AS per bitcoin atau setara dengan Rp 672 juta (kurs Rp 14.000). Posisi ini merupaka yang tertinggi sepanjang sejara perdagangan aset kripto ini. Lonjakan harga bitcoin dipengaruhi oleh maraknya perusahaan keuangan yang mengadopsi mata uang kripto paling bernilai ini sebagai alat pembayaran. Teranyar, Bank of New York Mellon dan Mastercard yang mengumumkan peningkatan bisnisnya dengan bitcoin. Mata uang kripto paling berharga di dunia itu tembus ke level 48.297 dollar AS atau Rp 675,7 juta mengutip data situs CoinDesk. Sebelumnya mata uang kripto naik sekitar 7 persen menjadi 47.913 dollar AS per bitcoin. Pada Kamis w(11/2/2021) aktu New York, bank tertua AS BNY Mellon menjadi penyedia hak asuh utama serta menyatakan akan mulai mendanai bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Perusahaan nantinya mengizinkan aset mata uang kripto mengakses jaringan keuangan yang sama, yang saat ini digunakan untuk aset yang lebih tradisional sesuai obligasi dan saham AS. "BNY Mellon bangga menjadi bank global pertama yang mengumumkan rencana penyediaan layanan terintegrasi untuk aset digital," kata CEO layanan aset dan kepala digital di BNY Mellon Roman Regelman. Sementara Mastercard menyatakan akan mendukung mata uang kripto sebagai alat pembayaran di beberapa titik jaringannya akhir tahun ini. Wakil Presiden Eksekutif Mastercard Raj Dhamodharan mengungkapkan, perseroan berusaha memberikan alternatif pembayaran, akan tetapi tidak bermaksud merekomendasikan pelanggannya menggunakan mata uang kripto. Dhamodharan pun menjelaskan mekanisme pembayaran. Ketika pelanggan ingin membeli sesuatu dengan mata uang kripto, mitra kripto Mastercard akan mengubah mata uang digital menjadi mata uang tradisional. Kemudian uang tersebut akan dikirim ke jaringan Mastercard.

Namun, tidak semua mata uang kripto akan diterima sebagai alat pembayaran. Hingga kini, baru bitcoin yang diterima Mastercard sebagai alat pembayaran.

"Perubahan juga akan memotong inefisiensi, menghindari konsumen dan pedagang berpindah-pindah antara mata uang kripto dan tradisional untuk melakukan pembelian," jelas Dhamodharan.

Sebagai informasi, beberapa perusahaan keuangan beramai-ramai mengumumkan bitcoin mulai diterima sebagai alat pembayaran. Pabrikan mobil listrik Tesla belum lama ini mengumumkan segera menerima bitcoin sebagai alat pembayaran untuk kendaraan buatannya. Tesla bahkan telah membeli 1,5 miliar dollar AS dalam bentuk bitcoin sebagai bagian dari keowneran tunai. Tak hanya Tesla, raksasa pembayaran digital Square (SQ) dan PayPal (PYPL) baru-baru ini mulai mengizinkan pengguna untuk berdagang bitcoin. Bitcoin sendiri telah melonjak lebih dari 60 persen sejak awal tahun setelah nilainya naik empat kali lipat pada tahun 2020. Reli didorong oleh peningkatan permintaan dari institusi dan beberapa investor berpengalaman yang memiliki persepsi bitcoin mirip-mirip dengan emas.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Blogspot Auto Post Indonesia => https://malasnulis.my.id

Mengenal Pengertian dan Istilah Syntax Dalam Pemrograman


(KOM)(MLS)

Share:

Rabu, 10 Februari 2021

Duh! Kementan Apresiasi Pemkab Mesuji yang Upayakan Lahan Pertanian Berkelanjutan

Duh! Kementan Apresiasi Pemkab Mesuji yang Upayakan Lahan Pertanian Berkelanjutan

Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan), Sarwo Edhy mengungkapkan, ketersediaan lahan untuk usaha pertanian merupakan syarat mutlak dalam mewujudkan kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

“Kami apresiasi semua pihak atas komitmennya terhadap penyediaan lahan pertanian pangan berkelanjutan,” ujarnya, sesuai dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (11/2/2021).

Salah satunya, lanjut Sarwo, apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji, karena sudah mengupayakan penetapan lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B).

Seperti diketahui, Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Lampung tengah mengejar pembuatan dan penerapan peraturan daerah (Perda) LP2B guna menjaga stabilitas produksi pertanian.

"Dengan aksi nyata yang telah dilakukan Pemkab Lampung Selatan, kami juga memberikan insentif kepada kelompok tani melalui pemanfaatan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR),” imbuh Sarwo, Rabu (10/2/2021).

Program KUR diharapkan sebagai penggerak pembangunan pertanian pedesaan menuju pertanian maju, mandiri, dan modern.

Terkait LP2B, Sarwo Edhy mengungkapkan, perlindungan lahan merupakan tanggung jawab bersama. Hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab sektor pertanian. 

“Baik pemerintah pusat juga pemerintah daerah (pemda), dan seluruh pemangku kepentingan bertanggung jawab dalam melindungi lahan pertanian,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, pengaturan jaminan ketersediaan pangan telah diatur melalui Undang-Undang (UU) Nomor 41 Tahun 2009 beserta turunannya.

Peraturan tersebut mengamanatkan agar ditetapkan kawasan pertanian pangan berkelanjutan (KP2B), LP2B dan lahan cadangan pertanian pangan berkelanjutan (LCP2B) dalam perda rencana tata ruang wilayah nasional (RTRWN), RTRW provinsi dan kabupaten atau kota.

Kementan dorong percepatan Perda LP2B

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkapkan, pihaknya terus mendorong pemda untuk mempercepat pembuatan perda LP2B.

“Sebab, Perda LP2B sangat penting demi menjaga produktivitas pangan di tengah-tengah bertambahnya jumlah penduduk Tanah Air, bahkan dunia,” kata Mentan SYL.

Oleh karenanya, kata dia, Kementan terus mengingatkan pentingnya menjaga lahan pertanian agar tidak dialihfungsikan untuk kepentingan lain.

Tak hanya itu, SYL turut meminta semua pihak untuk serius dalam menjaga lahan pertanian.

“Selain menjadi faktor utama dalam tersedianya pangan, saya yakin sektor ini pun akan menjadi penggerak utama perekonomian Indonesia,” ujarnya.

Bahkan, lanjut SYL, jika dikelola dengan baik, pertanian mampu menjadi solusi untuk pemenuhan lapangan kerja bagi masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan.

LP2B menjaga stabilitas produksi

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Mesuji, Firdaus menjelaskan, LP2B merupakan program pemerintah untuk melindungi agar tidak ada alih fungsi lahan.

“LP2B merupakan program pemerintah dalam menjaga stabilitas produksi. Jadi, kebijakan lahan sawah ini untuk melindungi lahan dari alih fungsi,” jelasnya.

Menurut Firdaus, dengan perda LP2B, petani memiliki banyak keuntungan.

Adapun keuntungan secara peraturan, petani akan memperoleh jaminan dalam subsidi pupuk, ketersediaan benih, dan air. Kebutuhan tersebut akan diutamakan.

“Mesuji sendiri memiliki total sawah seluas 36.611 hektar (ha), sedangkan yang akan masuk perda LP2B seluas 25.000 ha,” ucap Firdaus.

Akan tetapi, lanjut dia, bila setelah jadi perda ditemukan ada masalah terkait RTRW, maka pemkab harus mencari pengganti lahan lain.

Firdaus menargetkan, masalah perda LP2B akan selesai pada 2021.

“Peta sawahnya sudah ada. Selanjutnya akan disusun naskah akademik sebagai syarat perda,” katanya.

Menurut Firdaus, perda LP2B penting agar pemerintah pusat tahu jumlah lahan di Mesuji.

Dengan adanya perda, berpengaruh pula untuk pembagian pupuk bersubsidi, serta bantuan lainnya.

"Ke depan, pemerintah dapat menentukan jatah pupuk bersubsidi. Misalnya, jatah pupuk untuk Mesuji," ucap Firdaus.

Selain itu, sambung dia, perda LP2B juga akan mengatur sanksi bagi para pelanggarnya. Sanksi tersebut merupakan salah satu tujuan perda untuk melindungi petani.

“Jika terjadi alih fungsi oleh owner lahan, maka akan ada sanksi yang diberikan. Meski, sedang dalam penyusunan, isi sanksi tersebut sedapat mungkin jangan merugikan petani,” pintanya.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Ini Berbagai Macam Jenis Iklan di Internet yang Perlu Kamu Ketahui

Mengenal Pengertian dan Istilah Syntax Dalam Pemrograman


(KOM)(MLS)

Share:

Selasa, 09 Februari 2021

Duh! Ini Produk Makanan dan Minuman Paling Banyak Dicari di Tokopedia

Duh! Ini Produk Makanan dan Minuman Paling Banyak Dicari di Tokopedia

AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories Tokopedia Jessica Stephanie Jap mengungkapkan, melalui program Tokopedia Nyam dan sederet inisiatif lainnya telah mendorong kenaikan transaksi pada kategori Food & Baverage (F&B) akhir 2020 hingga lebih dari 3 kali lipat.

Dia bilang program ini merupakan salah satu ajang untuk membantu para pegiat usaha lokal dan minuman untuk kembali bergeliat selama mewabahnya pandemi Covid-19.

"Di Tokopedia kategori F&B jelang akhir 2020 hingga lebih dari 3 kali lipat dan salah satu penyumbangnya berasal dari kampanye Tokopedia Nyam ini," ujarnya kepada Kompas.com secara virtual, Selasa (9/2/2021).

Bahkan, lanjut dia, jumlah penjual makanan siap masak juga mengalami hal serupa dengan peningkatan hampir 3 kali lipat selama bulan Desember 2020 jika dibandingkan dengan sebelum pandemi.

"Sementara untuk transaksi penjualannya juga meningkat lebih dari 3,5 kali lipat," ungkapnya.

Dia juga membeberkan ada beberapa produk yang paling banyak diincar dan diburu konsumen melalui kampanye ini sesuai produk kopi literan lokal, madu, makanan khas Korea sesuai tteokbokki dan camilan sesuai pisang goreng madu hingga buah mangga.

Antusiasme masyarakat terhadap produk makanan dan minuman turut mendukung peningkatan transaksi bagi sejumlah pegiat usaha lokal.

Seperti Mad Bagel dan Dimsum 49 adalah contoh pegiat usaha lokal di kategori F&B Tokopedia, yang terus beradaptasi dengan berkolaborasi dan berinovasi di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi dan salah satunya dengan bergabung dalam kampanye Tokopedia Nyam.

Mad Bagel yang merupakan bisnis roti bagel yang didirikan oleh Prima Hayuningputri (Putri) dan Anika Miranti (Nike) mengaku sangat terbantu peningkatan usahanya dengan bergabung ke kampanye ini.

“Setelah mengikuti Tokopedia Nyam sejak Juli 2020, kini penjualan Mad Bagel meningkat sangat signifikan bahkan hingga 270 persen atau sebesar hampir 4 kali lipat,” ungkap Putri.

Dia juga bilang melalui kampanye ini terasa terbantu dari sisi publikasikannya sehingga masyarakat menjadi tertarik untuk mencoba produknya.

"Saat ini, Mad Bagel telah berhasil menjual hingga 2.000 produk melalui Tokopedia Nyam.”

Sementara itu, owner Dimsum 49 Muhammad Kautsar juga mengalami hal yang serupa. Dia mengalami peningkatan penjualan hingga 90 persen setelah masuk dalam kampanye ini.

“Penjualan kami meningkat hingga 90 persen atau sebesar hampir 2 kali lipat. Produk kami juga semakin dikenal masyarakat dengan adanya badge Terbukti Nyam!, hasil review oleh William Gozali, salah satu chef ternama Indonesia,” ungkap Kautsar.

Bahkan lewat bisnisnya, Kautsar kini dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi 200 karyawan dan menambah penghasilan bagi sekitar 3.000 reseller yang mayoritas adalah ibu rumah tangga dan karyawan yang terdampak pandemi.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Waspada Keyloger Ada di Sekitar Anda, Jangan Sembarangan Menginput Password

Mengenal Pengertian dan Istilah Syntax Dalam Pemrograman


(KOM)(MLS)

Share:

Advertisement

BTemplates.com

Blog Archive