Informasi Seputar Bisnis Indonesia

Rabu, 17 Maret 2021

Paling Baru, Genjot Pariwisata, Kemenparekraf Buka Penerbangan Langsung IndiaBali

Paling Baru, Genjot Pariwisata, Kemenparekraf Buka Penerbangan Langsung IndiaBali

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng Kedutaan Besar (kedubes) India untuk segera membuka penerbangan langsung dari India ke Bali.

Hal ini dihinggakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat berdiskusi dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Shri Manoj Kumar Bharti di Ubud, Bali, Rabu (17/3).

"Saya baru selesai berdiskusi tentang rencana pembukaan kembali Bali dengan penerbangan langsung dari India. Tentunya ini sedang kita siapkan, kini dalam tahap finalisasi dan kerja sama-kerja sama lainnya, termasuk kerja sama investasi dan perdagangan serta pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021).

Sandiaga menyebut investasi dan perdagangan yang dimaksud ini yang masuk dalam lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Harapan kami terjadi peningkatan hubungan bilateral, agar dapat membangkitkan semangat, menebar harapan, membuka peluang lagi bagi Bali untuk bangkit, dan Indonesia pulih ekonominya," ujar Sandiaga.

Menurut Sandiaga, kedua pihak juga membicarakan tentang adaptasi teknologi. Melihat teknologi India cukup mumpuni di bidang digital ekonomi, menurut Sandiaga ini dapat diadopsi di sejumlah desa wisata.

Dia juga mengungkapkan, hal ini menjadi salah satu program untuk mendongkrak pariwisata dan memulihkan ekonomi kreatif dengan pendekatan khusus untuk pembangunan desa wisata.

Adapun, Sandiaga menegaskan bahwa hubungan antara India dengan Indonesia harus diperkuat demi kemajuan kedua negara. Harapan serupa turut dihinggakan Shri Manoj Kumar Bharti.

Terkait kerja sama, pihaknya mewakili Pemerintah India menyambut baik banyak usulan dalam membangkitkan kembali ekonomi Bali, terutama dari segi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Termasuk langkah mengembalikan para turis, khususnya asal India untuk datang berlibur ke Bali pasca pandemi Covid-19.

"Dalam waktu dekat kita akan membuka perjalanan langsung dari India ke Bali. Harapan saya masyarakat India dapat lebih percaya diri untuk datang ketika destinasi wisata dibuka kembali kepada masyarakat umum," jelas Shri Manoj Kumar Bharti.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Sandiaga Uno bakal buka penerbangan langsung India-Bali

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Cara Reset Canon IP 2770 Paling Mudah

Blogspot Auto Post Indonesia => https://malasnulis.my.id


(KOM)(MLS)

Share:

Selasa, 16 Maret 2021

Duh! 6 Cara Mengembangkan Bisnis Online

Duh! 6 Cara Mengembangkan Bisnis Online

CEO Leap Vista Steve Tan menilai tak ada waktu yang lebih baik untuk berjualan di platform e-commerce selain saat ini. Hal itu lantaran pasar digital dan jasa online sedang berkembang pesat.

Meski begitu, berjualan di e-commerce tak semudah yang dibayangkan. Tan mengungkapkan, akan banyak persaingan yang akan hadapi.

Oleh sebab itu, penting untuk memiliki tujuan pemasaran yang dapat akan datangkan lebih banyak pengunjung ke toko Anda untuk dapat mengembangkan bisnis Anda .

Mengutip dari Entrepreneur, Rabu (17/3/2021), berikut 6 cara mengembangkan bisnis online di e-commerce menurut Steve Tan:

1. Optimalkan halaman produk

Tan mengungkapkan, karena semakin banyak orang mengikuti tren masuk ke e-commerce, semakin mendesak bagi mereka untuk berinvestasi dalam SEO atau pengoptimalan mesin telusur.

Memiliki pengoptimalan yang tepat, terutama pada halaman produk Anda, akan mempermudah mesin pencari untuk menemukan toko Anda dan menampilkannya di hasil pencarian yang relevan.

Ada cara yang lebih cepat agar toko Anda muncul di hasil pencarian yaitu melalui iklan berbayar. Dengan harga tertentu, toko Anda dapat memperoleh penempatan tinggi pada hasil pencarian dan memperoleh peningkatan lalu lintas yang menarik dalam SEO organik.

2. Tangkap prospek melalui media sosial

Belanja online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kebiasaan baru. Bisnis yang menggunakan banyak saluran sosial pada akhirnya menjual lebih banyak produk daripada yang tidak.

Tempat yang menarik untuk memulai pemasaran di media sosial adalah Instagram . Ini adalah platform yang ramah bisnis, terutama dengan fitur-fiturnya yang memungkinkan penjual menandai produk di postingan mereka.

Anda juga dapat memperoleh prospek melalui situs media sosial lain sesuai Twitter, Facebook, dan Pinterest . Tetapi sebelum Anda memutuskan promosi di media sosial, periksa dulu apakah target konsumen Anda menggunakan media sosial tersebut atau tidak.

Tidaklah bijaksana untuk menghabiskan waktu dan sumber daya Anda di beberapa situs media sosial jika pelanggan ideal Anda hanya menggunakan beberapa atau lebih.

3. Kumpulkan email melalui formulir pendaftaran

Biasanya ada pengunjung toko yang mungkin melihat produk tertentu tetapi belum siap untuk melakukan pembelian. Pengunjung ini biasanya membutuhkan sedikit kenyakinan. Di sinilah pendaftaran dan email berguna.

Dengan formulir pendaftaran, Anda dapat mengumpulkan informasi orang-orang dan kemudian mengirimi mereka pesan dan penawaran yang dapat membujuk mereka untuk membeli.

Ketika seseorang mengisi formulir, pada dasarnya mereka memberi Anda izin untuk menghubungi mereka. Email Anda harus bertujuan untuk memelihara prospek, menampung keberatan pembelian apa pun yang mungkin mereka miliki, dan pada akhirnya mengarahkan mereka untuk melakukan pembelian.

4. Manfaatkan upselling dan cross-selling

Upselling dan cross-selling adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan nilai pembelian pelanggan. Selain itu, mereka dapat membantu pelanggan mengetahui lebih banyak tentang penawaran Anda meskipun mereka tidak segera membeli.

Upselling adalah teknik penjualan dengan cara menawarkan produk yang lebih baik dan lebih mahal daripada yang dilihat pelanggan di halaman produk atau halaman pembayaran.

Sedangkan cross-selling adalah teknik penjualan dengan cara menyarankan produk tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan produk yang mereka miliki di keranjang mereka.Contohnya, jika Anda menjual tas, maka di setiap halaman produk tas dapat mencoba menawarkan satu atau dua desain tas yang lebih mahal di dekat gambar produk utama. Dengan cara ini, pembeli akan memiliki lebih banyak pilihan dan dapat memutuskan apakah akan memilih tas termurah atau tas dengan fitur terbaik.

Sedangkan untuk cross-selling, tawarkan aksesoris travel sesuai sanitizer bag atau bantal leher yang cocok dengan tas travel.

5. Permudah pembayaran

Sudah menjadi rahasia umum di antara pengusaha online bahwa hingga 97 persen pengunjung toko hanya untuk melihat-lihat dan mengklik. Itulah mengapa tidak mengherankan jika keranjang belanja yang ditinggalkan adalah masalah umum untuk e-commerce.

Anda harus mengetahui apa yang membuat konsumen tidak menyelesaikan transaksinya. Ini dapat jadi karena halaman pembayaran yang rumit, metode pembayaran yang terbatas, lencana kepercayaan yang kurang, atau masalah lainnya.

Anda dapat meminimalkan potensi masalah dengan menampilkan lencana dan logo yang mudah dikenali oleh pembeli.

Anda juga dapat menawarkan beberapa opsi pembayaran di halaman checkout untuk mengakomodasi preferensi pembeli.

6. Bangun loyalitas pelanggan

Tahukah Anda bahwa menjual ke pelanggan lama jauh lebih mudah daripada membeli yang baru? Inilah mengapa merek berinvestasi dalam retensi pelanggan, dan salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui program loyalitas pelanggan.

Menghargai loyalitas dapat menguntungkan pelanggan dan merek Anda. Anda dapat memberi pelanggan ungkapan kuat untuk membeli dan membeli kembali produk dari toko Anda.

Caranya dapat menggunakan diskon atau gratis ongkos kirim. Poin utamanya adalah membuat penawaran yang dapat membangun loyalitas konsumen.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Ini Berbagai Macam Jenis Iklan di Internet yang Perlu Kamu Ketahui

Kenali Berbagai Macam Tipe Data yang Ada di Bahasa Pemrograman


(KOM)(MLS)

Share:

Senin, 15 Maret 2021

Duh! IHSG Masih Merah? Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Duh! IHSG Masih Merah? Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan melemah pada Selasa (16/3/2021). Kemarin, IHSG ditutup turun 0,5 persen pada level 6.324,25. Menurut Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper, secara teknikal formasi candlestick membentuk dark cloud cover serta Indikator stochastic bergerak menyempit menunjukkan potensi pembalikan arah dan melanjutkan pelemahan. "IHSG diprediksi melemah. Investor akan mencermati pergerakan yield obligasi AS serta pelaksanaan dari stimulus jelang penetapan suku bunga beberapa hari kedepan," kata Dennies dalam rekomendasinya.

Dennies memproyeksikan hari ini IHSG akan bergerak resistance di level 6.408 hingga dengan 6.366, dan support di level 6.303 hingga 6.282. Berbeda dengan Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji yang memproyeksikan IHSG akan bergerak menguat hari ini. Dia bilang, berdasarkan indikator, MACD, Stochastic dan RSI telah menunjukkan sinyal positif. "Meskipun demikian, terlihat pola downward bar yang mengindikasikan adanya potensi koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG," kata Nafan. Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support juga resistance minimum IHSG hari ini berada pada level 6.281,09 hingga 6.394,45. Senada dengan Nafan, Analis Panin Sekuritas William Hartanto menilai, meskipun mengalami koreksi akibat profit taking, akan tetapi pergerakan IHSG masih dalam tren menguat hari ini.

"Meskipin IHSG kemarin mengalami koreksi sehat efek profit taking, IHSG masih dalam pergerakan menguat.

Hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung menguat dalam range 6.241 hingga 6.440," kata William.

Berikut rekomendasi teknikal dari tiga perusahaan sekuritas untuk perdagangan di Bursa Efek Indonesia hari ini: 1. Panin SekuritasADES rekomendasi buy 1.645 - 1.710, TP 1.900 - 2.100, stop loss <1.500.ADRO rekomendasi speculative buy and hold >1.220, TP 1.350 - 1.400.BBNI rekomendasi buy 6.250 - 6.350, TP 6.500 - 6.800, stop loss <6.150. 2. Binaartha SekuritasAPLN area akumulasi 175 - 177, TP 187 - 256.ELSA area akumulasi 390 - 396, TP 412 - 428, support 380.GGRM area akumulasi 36.000 - 36.200 , TP 37.200 - 46.000, support 35.125. 3. Artha SekuritasRALS rekomendasi buy di level 800 - 820, TP 860 - 880, stop loss 780.CTRA rekomendasi buy di level 1.180 - 1.210, TP 1.270 - 1.300, stop loss 1.160.JPFA rekomendasi buy di level 1.770 - 1.800, TP 1.920 - 1.950, stop loss 1.750.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Kenapa Wallpaper Ponsel Gelap Sangat Direkomendasikan?? Bisa Menghemat Baterai!

Kenali Berbagai Macam Tipe Data yang Ada di Bahasa Pemrograman


(KOM)(MLS)

Share:

Minggu, 14 Maret 2021

Wow! Jokowi Mau RI Swasembada Garam di 2015, Tapi Sampai 2021 Masih Impor

Wow! Jokowi Mau RI Swasembada Garam di 2015, Tapi Sampai 2021 Masih Impor

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berencana membuka impor garam dalam waktu dekat. Impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan garam nasional.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan, untuk masalah impor garam, telah diputuskan dalam rapat bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, Presiden Jokowi pernah menyatakan agar Indonesia dapat swasembada garam secepatnya. Tak tanggung-tanggung, pemerintah sempat mencanangkan impor garam sudah terealisasi di tahun 2015.

Dikutip dari laman resmi KKP, demi mewujudkan kemandirian ekonomi, KKP bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sudah merumuskan peta jalan swasembada garam nasional.

Dan salah satu target jalan yang ingin dicapai yakni agar Indonesia bebas dari impor garam di tahun 2015.

Sementara itu dilansir dari laman Presidenri.go.id, saat menyambangi tambak garam di NTT tahun 2019 lalu, Presiden Jokowi, menyebut kalau swasembada garam dapat dilakukan secara bertahap.

“Saya ke sini hanya ingin memastikan bahwa program untuk urusan garam ini sudah dimulai. Karena kita tahu impor garam kita 3,7 juta (metrik) ton, sementara yang dapat diproduksi dalam negeri baru 1,1 juta ton. Masih jauh sekali," ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bahkan menyebut, kalau beberapa jenis garam produksi tambak lokal sebenarnya jauh lebih berkualitas ketimbang garam impor.

“Tadi saya ditunjukkan beberapa perbandingan garam yang diambil dari luar dibawa ke sini. Yang dari Madura, yang dari Surabaya, dan dari Australia. Memang hasilnya di sini lebih menarik, lebih putih, dapat masuk ke garam industri, dan kalau diolah lagi dapat juga menjadi garam konsumsi,” tutur Jokowi.

Dalih impor

Presiden Jokowi sendiri mengungkapkan beberapa faktor yang membuat target swasembada garam hingga meleset.

 

Menurut dia, kebijakan impor dilakukan karena produksi garam di dalam negeri hingga saat ini rendah. Sementara itu, tak kunjung ada upaya penyelesaian yang dilakukan untuk menaikkan produksi garam.

"Masih rendah produksi garam nasional kita, sehingga yang kemudian dicari paling gampang yaitu impor garam. Dari dulu begitu terus dan tidak pernah ada penyelesaian," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Kepresidenan, 5 Oktober 2020.

Jokowi menyebut, total kebutuhan garam nasional pada 2020 hingga 4 juta ton per tahun. Namun, produksi dalam negeri hanya mampu hingga setengahnya.

Kepala Negara pun meminta masalah ini diperbaiki secara tuntas dan tak lagi hanya diselesaikan lewat kebijakan impor. Ia memerintahkan para menterinya untuk melakukan pembenahan besar-besaran pada produksi garam nasional.

"Saya kira ini langkah-langkah perbaikan harus harus kita kerjakan mulai pembenahan besar-besaran pada supply chain, mulai hulu hingga hilir," kata Jokowi.

Keputusan impor

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KP), Sakti Wahyu Trenggono, mengungkapkan impor garam sudah diputuskan dan kini pemerintah tengah menghitung kebutuhan garam impor.

 

"Impor garam sudah diputuskan melalui rapat Menko (Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi)," kata Trenggono dilansir dari Antara.

Menurut dia, saat ini masih menunggu data terkait kebutuhan garam di Indonesia, karena ketika sudah didapati kekurangannya, maka itu yang akan di impor.

Impor garam yang dilakukan juga sesuai neraca perdagangan, sehingga kebutuhan garam dalam negeri itu dapat terpenuhi.

"Nanti misalnya kekurangannya berapa, itu baru dapat diimpor, kita menunggu itu. Karena itu sudah masuk dalam undang-undang cipta kerja," ujar Trenggono.

Sementara Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono mengungkapkan akan mengawasi impor garam yang dilakukan pemerintah, agar kebijakan itu tidak memberatkan pada para petambak garam rakyat.

"Kita akan awasi betul, bagaimana impor garam ini tidak berimbas kepada garam konsumsi yang selama ini cukup dipasok oleh garam lokal," kata Ono.

Dia menambahkan persoalan garam di Indonesia ini tidak kunjung selesai, karena adanya perbedaan data antara Kementerian Perdagangan dan juga KKP.

Seharusnya lanjut Ono, pemerintah dapat mengetahui kebutuhan yang sesungguhnya, mana yang dapat dipasok garam lokal dan mana yang industri. "Impor ini terkait neraca garam, di mana antara Kementerian Perikanan dan Kementerian Perdagangan selalu berbeda," kata dia.

Kebutuhan garam nasional

Kementerian Perindustrian memprediksi kebutuhan garam nasional pada tahun 2021 hingga 4,6 juta ton.

Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) Kementerian Perindustrian Muhammad Khayam menuturkan, tidak menutup kemungkinan bahwa kebutuhan garam akan terus meningkat setiap tahun.

"Dari total 4,6 juta ton kebutuhan garam nasional tersebut, sebanyak 2,4 juta ton atau 53 persen merupakan kebutuhan untuk sektor chlor alkali plant (CAP) yang meliputi industri petrokimia, pulp dan kertas," kata Khayam dalam keterangannya.

Dia menuturkan, agar garam lokal dapat terserap oleh sektor industri, diperlukan perbaikan kuantitas, kualitas, kontinuitas pasokan dan kepastian harga bagi industri.

Karena itu pemerintah terus mendorong peningkatan kualitas garam produksi dalam negeri dengan perbaikan metode produksi serta penerapan teknologi, baik di lahan juga di industri pengolah garam.

"BPPT di bawah koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi telah mencanangkan beberapa program untuk dapat meningkatkan pemanfaatan garam lokal oleh sektor industri, termasuk industri CAP, yaitu dengan rencana pembangunan pilot plan implementasi teknologi garam tanpa lahan atau garam dari rejected brine PLTU di PLTU Suralaya," kata dia.

Sementara itu, sejak tahun 2018, Kemenperin telah memfasilitasi kerja sama antara industri pengolahan garam dengan petani garam melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) penyerapan garam lokal.

Adapun realisasi untuk periode Agustus 2019-Juli 2020 hingga 95 persen dari target 1,1 juta ton.

Tahun 2021 ini, Kemenperin juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan terkait data stok garam lokal saat ini, yang sebagian besar terdapat di 8 lokasi sentra, yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Rembang, Kabupaten Pati, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Bima.

Berdasarkan data dari KKP tersebut, Kemenperin akan mengawal penyerapan stok garam lokal oleh industri pengolah garam di bawah koordinasi Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia (AIPGI).

"Kami bertekad untuk terus mengoptimalkan penyerapan garam lokal di tahun 2021 ini, serta dapat mencari solusi terbaik dalam memperlancar proses penyerapan garam lokal oleh industri," ujar Khayam.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Cara Reset Canon IP 2770 Paling Mudah

Mengenal Pengertian dan Istilah Syntax Dalam Pemrograman


(KOM)(MLS)

Share:

Advertisement

BTemplates.com

Blog Archive