Informasi Seputar Bisnis Indonesia

Jumat, 23 April 2021

Tidak Disangka, Kekuatan Storytelling

Tidak Disangka, Kekuatan Storytelling

SAYA memiliki teman seorang eksekutif yang sangat cemerlang serta memiliki wawasan dan pengetahuan yang sangat luas. Namun, ketika presentasi, materi yang ia hinggakan justru terasa dingin dan kaku.

Tidak ada pembicaraan yang dapat membuat presentasinya lebih berwarna dan hidup. Akibatnya, walaupun pendengar biasanya setuju dengan yang dikemukakan dalam presentasi, teman saya sulit menjadi sahabat atau diingat pendengarnya.

Mengapa dapat demikian? Alasannya sederhana. Presentasinya tidak diberi “bumbu” yang dapat memancing imajinasi audiens. Alhasil, mereka harus berkonsentrasi penuh untuk menyerap kata-kata, angka, dan data yang disajikan.

Kemampuan manusia dalam menyerap informasi berupa angka dan data memang tidak terlalu menarik. Berdasarkan studi Profesor Jennifer Aaker dari Universitas Stanford, hanya 5 persen dari mahasiswa yang ia teliti dapat mengingat angka-angka statistik. Sementara, 63 persen mahasiswa justru dapat mengingat cerita.

Beragam penelitian mengenai memori manusia juga membuktikan bahwa fakta-fakta kritis, data, dan analisis akan lebih menggugah emosi bila dikaitkan dengan cerita tertentu. Bahkan, penyajian materi dengan cara demikian dapat lebih menggerakkan orang untuk mengambil tindakan.

Data memang dapat memengaruhi orang, tetapi tidak dapat menginspirasi hingga membuat orang bertindak. Sementara itu, cerita dapat menembus area yang tidak sanggup digapai analisis kuantitatif, yaitu hati kita.

Sebuah cerita dapat membuat hati membara dan mengarahkan jiwa. Terlihat, betapa ampuhnya cerita dalam memengaruhi orang di segala bidang, mulai dari menjual produk, mengajar, hingga menyebarluaskan agama dan ideologi.

Storytelling merupakan keterampilan yang sudah ada sejak dahulu kala. Sebelum ada buku, surat kabar, telepon, dan telegram, apalagi internet, nenek moyang kita sudah menceritakan dongeng kepada anak cucunya.

Kita pasti senang dengan cerita yang menarik. Bila mendengarnya, kita akan menyimak, berimajinasi, dan mengingatnya. Bahkan, kita dapat menceritakannya kembali beberapa tahun kemudian bila cerita tersebut berkesan bagi kita.

Riset menunjukkan, cerita dapat menyentuh pusat-pusat sensori di dalam otak pendengar sehingga membuat mereka seolah-olah masuk dalam cerita tersebut dan mengalaminya sendiri.

Oleh karena itu, cerita yang menarik dapat mengaduk emosi, menarik perhatian, dan diingat terus. Konsep yang kompleks pun dapat dipahami dengan mudah bila dikemas dalam bentuk cerita.

Lantas, bagaimana penggunaan storytelling dalam dunia bisnis?

Menularkan nilai melalui storytelling

Howard Gardner berpendapat, “Leaders achieve their effectiveness largely through the stories they relate.” Cerita yang menarik biasanya menggunakan kata-kata, gambar, atau bayangan yang tepat sehingga dapat membangkitkan imajinasi dan membuat konsep menjadi hidup.

Dalam bisnis dan politik, kita dapat menggunakan cerita untuk menggambarkan pentingnya inisiatif tertentu, memperkuat nilai tambah suatu produk, atau menekankan ungkapan pentingnya sebuah organisasi untuk berevolusi. Metode yang kuno ini ternyata masih efektif untuk membangun kepercayaan dan menggugah orang untuk berevolusi.

Sebagai contoh, organisasi kerap mengalami kesusahan dalam menularkan pengalaman-pengalaman para senior kepada generasi yang lebih muda. Pengalaman ini tidak dapat hanya ditularkan melalui tulisan, prosedur-prosedur standar, juga kelas pelatihan. Di sinilah, storytelling dapat menjadi metode yang efektif untuk menyebarkan tacit knowledge dengan adanya muatan emosi di dalamnya.

Tak heran, perusahaan global mengasah kemampuan storytelling para pekerjanya. Setiap eksekutif senior Nike, misalnya, wajib menguasai 13 langkah membuat cerita dan menceritakannya di depan publik.

P&G bahkan akan datangkan sutradara film Hollywood untuk melatih para eksekutifnya terampil melakukan storytelling. Motorola pun memiliki kegiatan-kegiatan drama untuk mengasah kemampuan storytelling jajaran manajemen mereka.

The power of narrative

Lihat Foto

Dok. EXPERD

Eileen Rachman.

A story describes what happened, a good story helps you see what happened, and a great story helps you feel what happened.

Menurut Steve Denning, setiap cerita yang baik harus mengandung tiga unsur.

Pertama, cerita perlu berfokus pada hal positif dengan akhir bahagia dan mengandung kisah sukses. Kedua, cerita perlu memiliki "pahlawan" yang menjadi fokus cerita. Ketiga, cerita perlu mengambil tema yang tidak biasa agar dapat menarik perhatian pendengarnya.

Meski demikian, membuat cerita memang tidak semudah membalikkan tangan. Kekurangan ide akan cerita menarik kerap menjadi hambatan utama dalam bercerita.

Oleh karena itu, kita memang perlu banyak membaca, mengobrol dengan berbagai macam orang, dan mencari contoh-contoh yang dapat kita gunakan.

Cara terbaik, kita dapat menceritakan cerita kita sendiri. Hal ini dilakukan oleh teman saya. Ketika memulai pelatihan presentation skills, teman saya selalu menceritakan kisah betapa ia dulu takut tampil di depan umum.

Ia bergulat dengan dirinya sendiri hingga akhirnya dapat menguasai panggung. Kisah ini menjadi inspirasi peserta pelatihan. Jika ia dapat melakukannya, anggapannya peserta pelatihan pun dapat melakukannya juga.

Selain memperhatikan teknik, sesuai intonasi suara, phrasing, dan penggunaan bahasa tubuh dalam membekalikan sebuah cerita, ada tujuh elemen yang perlu diingat dalam storytelling.

Pertama, tentukan konteks cerita sehingga pendengar mudah memahami big picture secara keseluruhan.

Kedua, gunakan metafora dan analogi agar pendengar mudah terpengaruh oleh isi ceritanya.

Ketiga, rangsang sebanyak mungkin emosi pendengar. Studi mengungkapkan bahwa banyak pengambilan keputusan individu didasarkan atas emosi.

Keempat, jaga agar cerita tetap konkret dan teraga. Cerita yang tidak realistis sulit dijangkau pendengar. Karenanya, cerita tidak akan terekam oleh ingatan.

Kelima, selipkan kejutan yang dapat membuat pendengar melepas adrenalinnya.

Keenam, sesuaikan narasi dengan lingkungan pendengar. Narasi dalam lingkungan bisnis sebaiknya lebih singkat dan padat.

Ketujuh, undang partisipasi pendengar untuk turut serta memberi komentar dalam cerita sehingga membuat mereka lebih memiliki cerita tersebut.

People will tell stories about you and your company whether you want them to or not. Fortunately, you can help choose which ones they tell. The way you do that? You tell them first.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Blogspot Auto Post Indonesia => https://malasnulis.my.id

Mengenal Pengertian dan Istilah Syntax Dalam Pemrograman


(KOM)(MLS)

Share:

Kamis, 22 April 2021

Hmmm, Rincian Harga Emas Batangan 0,5 Gram hingga 1 Kg di Pegadaian Terbaru

Hmmm, Rincian Harga Emas Batangan 0,5 Gram hingga 1 Kg di Pegadaian Terbaru

Harga emas batangan Antam pecahan 1 gram di PT Pegadaian (Persero) pada hari ini, Jumat (23/4/2021), dibanderol seharga Rp 981.000.

Mengutip data perdagangan harga emas 24 karat di Pegadaian, harga emas batangan Antam pecahan 1 gram naik Rp 8.000 dibandingkan kemarin.

Untuk emas batangan Antam pecahan 0,5 gram dibanderol seharga Rp 544.000, berikutnya emas pecahan 2 gram seharga Rp 1.900.000.

Sementara itu, harga emas batangan yang dirilis PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) pecahan 1 gram dijual seharga Rp 936.000. Lalu, pecahan 0,5 gram dijual seharga Rp 500.000 dan pecahan 2 gram seharga Rp 1.858.000.

Baik harga emas batangan Antam, juga emas yang diproduksi UBS, keduanya sama-sama mengalami kenaikan pada hari ini.

Pegadaian juga menyediakan emas batangan Antam versi Antam Retro dan Antam Batik. Berikut harga emas hari ini, 23 April 2021 di Pegadaian:

Harga emas Antam

Harga emas 0,5 gram: Rp 544.000

Harga emas 1 gram: Rp 981.000

Harga emas 2 gram: Rp 1.900.000

Harga emas 3 gram: Rp 2.823.000

Harga emas 5 gram: Rp 4.670.000

Harga emas 10 gram: Rp 9.283.000

Harga emas 25 gram: Rp 23.075.000

Harga emas 50 gram: Rp 46.068.000

Harga emas 100 gram: Rp 92.053.000

Harga emas 250 gram: Rp 229.855.000

Harga emas 500 gram: Rp 459.490.000

Harga emas 1.000 gram: Rp 918.937.000

Harga emas UBS

Harga emas 0,5 gram: Rp 500.000

Harga emas 1 gram: Rp 936.000

Harga emas 2 gram: Rp 1.858.000

Harga emas 5 gram: Rp 4.589.000

Harga emas 10 gram: Rp 9.129.000

Harga emas 25 gram: Rp 22.778.000

Harga emas 50 gram: Rp 45.460.000

Harga emas 100 gram: Rp 90.885.000

Harga emas 250 gram: Rp 227.144.000

Harga emas 500 gram: Rp 453.753.000

Harga emas 1.000 gram: Rp 906.524.000

Sementara untuk tabungan emas Pegadaian, untuk setiap 0,01 gram, Pegadaian menetapkan harga jual sebesar Rp 8.830 dan harga beli Rp 8.560.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Mengatasi Whatsapp Business Sering Error dan Diblokir Sendiri

Mengenal Pengertian dan Istilah Syntax Dalam Pemrograman


(KOM)(MLS)

Share:

Rabu, 21 April 2021

Update, Pendaftaran BLT UMKM Jakarta Dibuka, Catat Link dan Sayaratnya

Update, Pendaftaran BLT UMKM Jakarta Dibuka, Catat Link dan Sayaratnya

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru saja membuka pendaftaran Bantuan Pemerintah Bagi Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021.

Adapun pihak pengusul BPUM yakni Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPPKUKM). "Untuk penetapan penerima BPUM ditetapkan oleh Surat Keputusan (SK) Kementerian Koperasi dan UKM RI," sesuai tertulis di akun Instagram @dkijakarta, Senin (19/4/2021).

Dinas PPKUKM sebagai pengusul penerima bantuan dalam program BPUM nantinya akan menetapkan penerima BLT UMKM melalui Surat Keputusan (SK) Kementerian Koperasi dan UKM. Bagi Anda pelaku usaha yang tertarik memperoleh bantuan perlu memenuhi beberapa syarat, antara lain : 1. Pelaku usaha mikro tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2. Memenuhi persyaratan yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, memiliki usaha mikro. 3. Pelaku usaya yang mengajukan, bukan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN, atau pegawai BUMD. 4. Pelaku usaha mikro yang mempunyai modal usaha paling banyak Rp 1 miliar tidak termasuk bangunan tempat usaha dan hasil penjualan tahunan hingga dengan paling banyak Rp 2 miliar. 5. Pelaku usaha mikro mendaftar pada wilayah yang sesuai dengan domisili usaha. Persyaratan ini diperuntukkan bagi pelaku usaha yang memiliki alamat KTP dan alamat domisili yang berbeda. 6. Pelaku usaha mikro melengkapi dokumen pendaftaran yakni KTP, Kartu Keluarga (KK), izin usaha berupa NIB/SKU/IUMK yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang, serta foto diri sedang melakukan kegiatan usaha. Sistem pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08.00-15.00 WIB, dan ditutup untuk penarikan data pada pukul 15.00-08.00 WIB.

Link pendaftaran BPUM untuk Jakarta Utara

Kecamatan Cilincing: http://bit.ly/bpumcilincing2021  Kecamatan Koja: http://bit.ly/bpumkoja2021  Kecamatan Kelapa Gading: http://bit.ly/bpumkelapagading2021  Kecamatan Pademangan: http://bit.ly/bpumpademangan2021  Kecamatan Penjaringan: http://bit.ly/bpumpenjaringan2021  Kecamatan Tanjung Priok: http://bit.ly/bpumtanjungpriok2021 

Link pendaftaran BPUM untuk Jakarta Selatan

Kecamatan Cilandak: http://bit.ly/bpumcilandak2021  Kecamatan Jagakarsa: http://bit.ly/bpumjagakarsa2021  Kecamatan Kebayoran Baru: http://bit.ly/bpumkbybaru2021  Kecamatan Kebayoran Lama: http://bit.ly/bpumkbylama2021   Kecamatan Mampang Prapatan: http://bit.ly/bpummampang2021  Kecamatan Pancoran: http://bit.ly/bpumpancoran2021  Kecamatan Pasar Minggu: http://bit.ly/bpumpsminggu2021  Kecamatan Pesanggrahan: http://bit.ly/bpumpesanggrahan2021  Kecamatan Setiabudi: http://bit.ly/bpumsetiabudi2021  Kecamatan Tebet: http://bit.ly/bpumtebet2021

Link pendaftaran BPUM untuk Jakarta Timur

Kecamatan Ciracas: http://bit.ly/bpumciracas2021 

Kecamatan Pasar Rebo: http://bit.ly/bpumpasarrebo2021  Kecamatan Cipayung: http://bit.ly/bpumcipayung2021  Kecamatan Makasar: http://bit.ly/bpummakasar2021  Kecamatan Duren Sawit: http://bit.ly/bpumdurensawit2021  Kecamatan Matraman: http://bit.ly/bpummatraman2021  Kecamatan Kramatjati: http://bit.ly/bpumkramatjati2021  Kecamatan Cakung: http://bit.ly/bpumcakung2021  Kecamatan Jatinegara: http://bit.ly/bpumjatinegara2021  Kecamatan Pulogadung: http://bit.ly/bpumpulogadung2021 

Link pendaftaran BPUM untuk Jakarta Barat

Kecamatan Kembangan: http://bit.ly/bpumkembangan2021  Kecamatan Kebon Jeruk: http://bit.ly/bpumkebonjeruk2021  Kecamatan Palmerah: http://bit.ly/bpumpalmerah2021  Kecamatan Grogol Petamburan: http://bit.ly/bpumgropet2021  Kecamatan Cengkareng: http://bit.ly/bpumcengkareng2021  Kecamatan Kalideres: http://bit.ly/bpumkalideres2021  Kecamatan Tambora: http://bit.ly/bpumtambora2021  Kecamatan Taman Sari: http://bit.ly/bpumtamansari2021 

Link Pendaftaran BPUM untuk Jakarta Pusat

Kecamatan Gambir: http://bit.ly/bpumgambir2021  Kecamatan Senen: http://bit.ly/bpumsenen2021  Kecamatan Sawah Besar: http://bit.ly/bpumsawahbesar2021  Kecamatan Kemayoran: http://bit.ly/bpumkemayoran2021  Kecamatan Johar Baru: http://bit.ly/bpumjoharbaru2021  Kecamatan Tanah Abang: http://bit.ly/bpumtanahabang2021  Kecamatan Menteng: http://bit.ly/bpummenteng2021  Kecamatan Cempaka Putih: http://bit.ly/bpumcempakaputih2021 

Link pendaftaran BPUM Kepulauan Seribu

Kecamatan Pulau Seribu Selatan: http://bit.ly/bpumkepseribuselatan2021  Kecamatan Pulau Seribu Utara: http://bit.ly/bpumkepseribuutara2021 

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Cara Reset Canon IP 2770 Paling Mudah

Berkenalan Dengan Istilah Information Retrival Pada Pemrograman


(KOM)(MLS)

Share:

Selasa, 20 April 2021

Oops, Sukses Kembangkan Eatlah, Charina Prinandita Masuk Daftar Forbes 30 Under 30

Oops, Sukses Kembangkan Eatlah, Charina Prinandita Masuk Daftar Forbes 30 Under 30

Forbes baru saja merilis daftar 30 under 30 di kawasan Asia untuk tahun 2021.

Forbes 30 under 30 sendiri merupakan daftar deretan anak muda di bawah 30 tahun yang dinilai berpengaruh. Proses kurasi dari daftar tersebut pun cukup ketat.

Charina Prinandita (29), merupakan satu dari beberapa orang Indonesia yang masuk dalam daftar prestisius tersebut.

Ia masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia di kategori The Arts atau seni. Mereka yang masuk dalam daftar ini adalah anak-anak muda yang berhasil melakukan kreasi bisnis di beragam lini, mulai dari bisnis makanan dan minuman hingga fashion.

Pada tahun 2016, ia bersama dengan dua orang rekannya mendirikan Eatlah, sebuah gerai makanan cepat saji, Eatlah, dengan beragam menu lokal. Salah satu menu yang menjadi trademark sekaligus andalah mereka adalah nasi ayam dengan saus telur asin, atau salted egg chicken rice.

Saat ini, gerai makanan tersebut telah memiliki 23 outlet yang tersebar di enam kota di Indonesia.

Meski demikian, bisnis makanan cepat saji tersebut tak kebal dari pandemi. Terakhir, Charina sempat mengungkapkan, jalannya bisnis Eatlah cukup terpukul lantaran delapan dari 23 outlet mereka berada di Mall.

"Outlet kita di mal itu ada 8 oulet dan jelas sedikit terpukul bisnis kami karena banyak mal yang ditutup," ujar Charina dalam ShopeePay Talk episode keenam yang disiarkan secara virtual, Rabu (17/3/2021).

Selain Charina, ada dua perempuan lain yang masuk dalam daftar 30 under 30 kategori The Arts, yakni Kathleen Gondoutomo (28) dan Liana Gonta Widjaja (28).Kathleen adalah pendiri dari H! Cups, sebuah perusahaan gerai minuman yang beroperasi di daerah pedesaan.

Berbekal pengalamannya di Kraft Heinz, ia berupaya untuk memberdayakan perempuan-perempuan yang tak bekerja di kota-kota kedua dan ketiga di Indonesia.

Saat ini, H! Cups telah memiliki lebih dari 40 gerai dan mempeekerjakan lebih dari 150 perempuan. Setiap bulannya, H! Cups menjual 120.000 gelas minuman.

Sementara Liana Gonta merupakan pendiri Greenly, sebuah gerai yang menyediakan makanan sehat. Ia mendirikan Greenly pada tahun 2019 lalu. Perusahaan rintisan atau start up yang berbasis di Surabaya tersebut menawarkan jus, salad, hingga makanan sehat lain. Saat ini, Greenly telah memiliki 12 gerai di tiga kota di Indonesia.

 

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Waspada Keyloger Ada di Sekitar Anda, Jangan Sembarangan Menginput Password

Contoh Penerapan Algoritma Enkripsi AES di Pemrograman PHP


(KOM)(MLS)

Share:

Advertisement

BTemplates.com

Blog Archive