Informasi Seputar Bisnis Indonesia

Minggu, 02 Mei 2021

Update Terbaru, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenhub Besok Berakhir, Simak Cara Mendaftarnya

Update Terbaru, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenhub Besok Berakhir, Simak Cara Mendaftarnya

Pendaftaran sekolah kedinasan di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diperpanjang hingga Selasa (4/5/2021) besok, pukul 23.59 WIB. Pada tahun ini, Kemenhub membuka peluang bagi putra putri terbaik Indonesia lulusan SMA /sederajat, untuk dapat mengikuti seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (Sipencatar) Pola Pembibitan Kemenhub dan Pola Pembibitan Pemerintah Daerah. Formasi yang disiapkan sebanyak 3.210 formasi. "Pelamar diberikan perpanjangan waktu untuk mendaftar hingga 4 Mei 2021 pukul 23.59 WIB. Pendaftaran akan otomatis tertutup apabila sudah melewati tanggal dan jam tersebut," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian melalui keterangan tertulis, dikutip Senin (3/5/2021).

Sebanyak 7 dari 8 instansi yang membuka penerimaan sekolah kedinasan tahun 2021 sudah menutup pendaftarannya pada 30 April 2021. Sementara Kemenhub memutuskan untuk memperpanjang periode pendaftaran sekolah kedinasan yang ada di lingkupnya, setelah sebelumnya menyampaikan permohonan perpanjangan masa pendaftaran calon taruna/taruni tahun 2021 kepada Kementerian PANRB.

Berikut sekolah kedinasan lingkup Kementerian Perhubungan:

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) MadiunPoliteknik Keselamatan Transportasi Jalan (PTKJ) TegalPoliteknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Poltrans SDP) PalembangPoliteknik Transportasi Darat (Poltrada) BaliSekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) JakartaPoliteknik Ilmu Pelayaran (PIP) MakassarPoliteknik Pelayaran (Poltekpel) SurabayaPoliteknik Ilmu Pelayaran (PIP) SemarangPoliteknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatra BaratPoliteknik Pelayaran (Poltekpel) BantenPoliteknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati AcehPoliteknik Pelayaran (Poltekpel) Sulawesi UtaraPoliteknik Pelayaran (Poltekpel) BarombongPoliteknik Pelayaran (Poltekpel) SorongPoliteknik Penerbangan Indonesia (PPI) CurugPoliteknik Penerbangan (Poltekbang) MakassarPoliteknik Penerbangan (Poltekbang) MedanPoliteknik Penerbangan (Poltekbang) SurabayaPoliteknik Penerbangan (Poltekbang) JayapuraPoliteknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Blogspot Auto Post Indonesia => https://malasnulis.my.id

Cara Menulis Artikel Otomatis di Blogger


(KOM)(MLS)

Share:

Sabtu, 01 Mei 2021

Terbaru, 15 Istilah Jual Beli Online: COD, PCB, PO, No Afgan, Tijek, hingga DM

Terbaru, 15 Istilah Jual Beli Online: COD, PCB, PO, No Afgan, Tijek, hingga DM

Jual beli online semakin marak dilakukan di Indonesia, baik lewat e-commerce, forum jual beli online, dan media sosial. Bahkan tak jarang, barang yang dijual online jauh lebih murah ketimbang membelinya langsung di toko fisik.

Transaksi daring juga sangat praktis dilakukan, tinggal buka smartphone, memilih barang dan metode pembayaran, lalu barang akan diantar hingga ke pintu rumah.

Pembeli barang secara online mungkin sering bertemu dengan berbagai istilah atau singkatan yang diberikan pada deskripsi produk tersebut.

Buat yang masih awam dan kurang familiar, pasti bakal kebingungan dengan maksud dari istilah-istilah tersebut.

Nah berikut ini 15 istilah jual beli online yang seringkali digunakan:

1. COD

COD merupakan singkatan dari cash on delivery. Awalnya, COD adalah transaksi yang mengharuskan pertemuan antara pembeli dan penjual di tempat dan waktu yang sudah disepakati.

Transaksi sendiri awalnya dapat berawal dari unggahan di media sosial juga situs dan aplikasi jual beli online.

Penjual akan membekali barang fisik untuk diperlihatkan kepada calon pembeli. Setelah pembeli melihat dan memeriksa barang yang dipesannya sesuai, maka pembeli akan membayar sesuai harga yang disepakati.

Kendati demikian, saat ini arti COD sudah bergeser. Dalam konteks jual beli online di marketplace, COD artinya tak lagi hanya berupa pertemuan langsung antara penjual dan pembeli.

Dalam marketplace, COD adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat setelah pesanan dari kurir diterima oleh Pembeli. Dengan kata lain, COD artinya pilihan metode pembayaran yang mana penjual diwakili oleh kurir ekspedisi.

2. Pre order (PO)

Pre order atau PO adalah istilah ketika pembeli online harus menunggu barang siap dikirim dalam beberapa hari. Dalam marketplace, pembeli akan membayar terlebih dahulu.

Barang baru akan dikirim setelah siap, biasanya maksimal PO adalah tujuh hari. PO diterapkan untuk produk yang sulit didapat atau produk yang sifatnya custom alias dibuat sesuai dengan permintaan pembeli.

3. Testi

Testi merupakan kependekan dari testimoni, yakni respon kepuasan dari pembeli mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual.

Testimoni ini biasanya digunakan para penjual supaya calon costumer agar lebih percaya akan produk atau jasa mereka.

Dalam marketplace, testi akan ditulis dalam kolom review. Semakin banyak testi yang positif, maka semakin besar pula peluang produk tersebut mudah terjual.

4. Ready stock

Ready stock adalah istilah penjual untuk meyakinkan pembeli bahwa stok barang atau produk tersebut dalam keadaan mencukupi.

Dengan kata lain, dengan mencantumkan keterangan ready stock, pembeli tak perlu lagi bertanya apakah produk saat ini tersedia atau tidak.

Dengan penjelasan ready stock pula, pembeli tak perlu menunggu barang siap. Sehingga produk dapat langsung dikirim ke alamat pembeli saat itu juga setelah transaksi pembayaran dilakukan.

5. DM atau PM

DM atau direct message adalah percakapan pribadi antara penjual dan pembeli, yang membicarakan mengenai produk yang akan dijual dan dibeli. DM juga biasa dikenal dengan PM atau private message.

Lewat PM atau DM, pembeli bebas bertanya apa pun kepada penjual barang online, mulai dari kualitas barang, potongan harga, kekurangan produk, pengirimannya, dan sebagainya.

6. Slow respon

Slow respon adalah istilah yang diberikan untuk penjual online yang tidak tanggap atau cepat dalam membalas pertanyaan pembeli, baik melalui chat (DM/PM) ataupun di forum diskusi.

Perusahaan marketplace saat ini sudah memiliki sistem kecepatan yang menghitung seberapa cepat penjual online membalas chat yang dikirim pembeli. Semakin cepat chat dibalas, semakin menarik pula penilaian terhadap toko.

7. PCB

PCB adalah singkatan dari pantau cocok bayar. Artinya, calon pembeli diharapkan datang langsung ke lokasi yang ditetapkan oleh penjual.

Berbeda dengan COD yang lokasi pertemuan ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penjual dan pembeli, penentuan lokasi PCB sepenuhnya ditentukan oleh penjual.

Dengan PCB, penjual tak perlu repot-repot pergi ke tempat yang sudah disepakati. Ia hanya perlu menunggu pembeli datang untuk melihat barang yang ditawarkan.

Jika pembeli sudah datang untuk melihat produknya, kemudian dirasa cocok, maka pembayaran dapat dilakukan saat itu juga dan barang dapat dibawa oleh pembeli.

8. WTS dan WTB

WTS adalah kependekan dari want to sell. Artinya, ada seseorang yang ingin menjual barangnya, biasanya dilakukan di forum jual beli.

Kebalikan dari WTS adalah WTB atau want to buy. WTB adalah istilah bagi orang yang ingin membeli atau mencari barang secara online.

9. DP

DP adalah istilah yang mungkin sudah tak asing lagi. DP merupakan singkatan dari Down Payment alias uang muka.

DP artinya penjual mewajibkan pembeli untuk membayarkan uang muka, biasanya digunakan sebagai penguat komitmen atau agar barang tidak dijual ke pihak lain terlebih dahulu.

10. No afgan dan sadis

No afgan adalah istilah di mana penjual tidak menerima pembeli yang menawar barang terlalu rendah. Penjual tetap membuka tawar menawar, akan tetapi dengan selisih yang tidak terlalu jauh.

Istilah no afgan sendiri diambil dari penyanyi terkenal Afgan yang mempopulerkan lagu berjudul Sadis. Sadis adalah istilah yang biasa dipakai untuk menawar barang terlalu rendah dari harga awal.

11. Tijek

Tijek adalah kependekan dari mati pajek atau mati majak. Tijek biasanya hanya digunakan untuk jual beli kendaraan online, baik mobil atau motor.

Sebagai contoh, penjual menulis deskripsi "tijek 2". Artinya kendaraan yang ditawarkan pajaknya belum dibayarkan selama 2 tahun.

12. TS

TS adalah istilah yang digunakan oleh orang yang pertama kali memposting penawaran barang. TS lazim dipakai dalam jual beli online di media sosial dan forum jual beli online.

13. Net

Nett adalah istilah yang digunakan terhadap harga suatu barang yang sudah pas menurut penjual dan tidak dapat ditawar lagi. Dengan menambah deskripsi net, penjual menolak pembeli untuk menawar barang.

14. K dan B

A dan B adalah istilah yang lazim digunakan untuk jual beli hewan peliharaan. A merujuk pada angka Rp 100.000. Sementara B adalah istilah untuk nominal Rp 50.000.

Jika seorang menyebutkan harga A2, maka harga yang ditawarkan adalah Rp 200.000. Kemudian jika penjual menulis A3B1 artinya Rp 350.000. 

15. Mahar

Mahar adalah istilah lain dari harga yang ditawarkan atau harga yang diminta penjual. 

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Auto Post Artikel di Blogspot

Cara Menulis Artikel Otomatis di Blogger


(KOM)(MLS)

Share:

Jumat, 30 April 2021

Tidak Disangka, Dampak Pandemi, Perempuan di Seluruh Dunia Kehilangan Pendapatan Rp 11.600 Triliun

Tidak Disangka, Dampak Pandemi, Perempuan di Seluruh Dunia Kehilangan Pendapatan Rp 11.600 Triliun

Dampak pandemi Covid-19 terhadap perempuan dilaporkan lebih parah dibandingkan dengan laki-laki. 

Dilansir dari CNN, Sabtu (1/5/2021) Oxfam International melaporkan, kerugian yang dialami oleh perempuan di seluruh dunia sepanjang tahun 2021 lalu hingga 800 miliar dollar AS atau sekitar Rp 11.600 triliun (kurs Rp 14.500).

Kerugian tersebut berupa kehilangan pendapatan lantaran jutaan perempuan di dunia harus kehilangan pekerjaan mereka. Selain itu, banyak pula di antara mereka yang harus menanggung beban merawat keluarga dan memenuhi kebutuhan pendidikan anak di tengah pandemi.

Total jumlah kerugian tersebut lebih besar dibandingkan Produk Domestik Bruto (PDB) dari 98 negara di dunia. Selain itu, jumlah tersebut juga lebih besar jika dibandingkan dengan total kapitalisasi pasar saham Amazon yang hingga 700 miliar dollar AS, serta belanja pemerintah Amerika Serikat di tahun 2020 lalu yang hingga 721,5 miliar dollar AS.

"Merosotnya perekonomian akibat pandemi Covid-19 berdampak lebih parah terhadap perempuan, yang secara tidak proporsional direpresentasikan melalui sektor-sektor dengan upah rendah, keuntungan kecil, dan pekerjaan-pekerjaan yang cenderung tidak aman," ujar Executive Director Oxfam International Gabriela Bucher.

"Alih-alih memperbaiki hal tersebut, pemerintah justru memperlakukan pekerjaan perempuan sebagai hal yang dapat diabaikan, dan hal itu menyebabkan  kerugian berupa kehilangan upah hingga 800 miliar dollar AS bagi mereka yang bekerja secara normal," jelas dia.

Organisasi tersebut mencatatkan, total kehilangan pendapatan tersebut merupakan perkiraan yang konservatif. Jumlah tersebut belum memperhitungkan jumlah pendapatan perempuan yang hilang bagi mereka yang bekerja di sektor informal. 

Secara global, perempuan menyumbang lebih dari 64 juta pekerjaan yang hilang tahun lalu. Jumlah tersebut setara dengan 5 persen dari keseluruhan pekerjaan yang dilakukan oleh perempuan. Sementara untuk laki-laki kehilangan 3,9 persen dari total jumlah pekerjaan yang dilakukan.

"Covid-19 telah menjadi pukulan telak bagi kemajuan yang terjadi terhadap perempuan di dunia kerja dalam beberapa waktu belakangan," ujar Bucher.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Blogspot Auto Post Indonesia => https://malasnulis.my.id

Cara Menulis Artikel Otomatis di Blogger


(KOM)(MLS)

Share:

Kamis, 29 April 2021

Hmmm, Survei PwC: Sektor Healthcare dan Teknologi Paling Sedikit Terdampak Pandemi Covid19

Hmmm, Survei PwC: Sektor Healthcare dan Teknologi Paling Sedikit Terdampak Pandemi Covid19

Krisis pandemi Covid-19 tak dapat dipungkiri membekali dunia usaha terpukul.

Berdasarkan survei terkini PwC Global Crisis 2021, lebih dari 70 persen perusahaan global termasuk Indonesia mengaku terdampak pandemi.

Beberapa sektor yang paling terkena dampak adalah tenaga kerja, kegiatan operasional, hotel dan pariwisata, serta supply chain.

Adapun healthcare dan teknologi merupakan sektor yang terkena dampak paling sedikit.

Global Crisis Leader PwC AS, Kristin Rivera mengungkapkan, survei tersebut membuktikan betapa pentingnya memikirkan ketangkasan dan memperkuat kembali kemampuan perusahaan untuk bertahan.

"Semua mata akhirnya tertuju ke masa depan. Belajar dari bagaimana bisnis merespon krisis adalah langkah pertama yang penting untuk membangun fondasi yang tepat menghadapi apapun yang dapat terjadi," kata Kristin dalam siaran pers, Jumat (30/4/2021).

Pentingnya fondasi juga terlihat ketika ada 20 persen dari responden menyatakan krisis ini berdampak positif secara keseluruhan pada bisnisnya.

Mereka yang sukses cenderung mengandalkan tim krisis khusus untuk merespon krisis dengan tepat.

Organisasi yang "bernasib baik" ini cenderung memperoleh tim krisis yang berdedikasi untuk mendorong respons terhadap krisis.

"Perencanaan krisis, program ketahanan, dan perlindungan serta pertimbangan akan kebutuhan fisik dan emosional karyawan adalah bagian untuk bersiap menghadapi hal yang tak terhindarkan," sebut Kristin.

Berangkat dari itu, perusahaan harus mempercepat transformasi di area tertentu dan menurunkan prioritas di area lain.

Misalnya dalam hal ketenagakerjaan, kerja jarak jauh (WFH) adalah perubahan yang paling umum diterapkan perusahaan yang bertahan.

Tercatat, 50 persen responden Indonesia telah menjadikan kerja jarak jauh sebagai pilihan permanen bagi karyawan.

Sementara hanya 39 persen responden global menerapkan hal serupa.

"Jadi, infrastruktur pendukung dan kapabilitas mengolah data sangat penting, terutama karena kerja jarak jauh memenuhi kebutuhan pengambilan keputusan yang jelas," kata Kristin.

Survei juga melaporkan, 95 persen pemimpin bisnis melaporkan manajemen krisis perlu ditingkatkan.

Pertama yang harus dilakukan adalah menunjuk tim penanggulangan krisis yang dapat menyelaraskan rencana krisis dengan strategi.

Selain itu, perusahaan perlu memahami program terintegrasi sangat penting untuk melaksanakan respon krisis yang sukses membangun ketahanan.

"Pikirkan secara holistik tentang bagaimana membangun ketahanan. Ketahanan organisasi sangat penting, tidak hanya untuk keberhasilan, tapi juga untuk bertahan hidup," papar Kristin.

Sebagai informasi, Global Crisis Survei 2021 adalah survei kedua yang diadakan PwC setelah survei pertama dirilis tahun 2019.

Survei ini adalah penilaian dari tanggapan komunitas bisnis global terhadap gangguan sosial, ekonomi, dan geopolitik, yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Auto Post Artikel di Blogspot

Inilah cara menulis artikel secara otomatis di blogger!


(KOM)(MLS)

Share:

Advertisement

BTemplates.com

Blog Archive