Informasi Seputar Bisnis Indonesia

Rabu, 27 Oktober 2021

Cari Tahu, Kinerja Moncer, Microsoft hampir Menyalip Apple sebagai Perusahaan Paling Berharga

Cari Tahu, Kinerja Moncer, Microsoft hampir Menyalip Apple sebagai Perusahaan Paling Berharga

Lonjakan saham Microsoft Corp hampir menggeser posisi Apple Inc sebagai perusahaan paling berharga di dunia pada Rabu (27/10/2021), sehari sebelum pembuat iPhone tersebut melaporkan kinerja kuartalannya.

Hal itu dipicu oleh pertumbuhan kuartalan yang kuat dalam bisnis komputasi awan Azure, yang akhirnya membuat saham Microsoft melonjak 4,2 persen menjadi berakhir pada rekor di 323,17 dollar AS per saham.

Menurut data Refinitif, kenaikan saham itu meningkatkan kapitalisasi pasar Microsoft menjadi 2,426 triliun dollar AS, atau sedikit di bawah valuasi Apple yang sebesar 2,461 triliun dollar AS, menurut data Refinitiv.

Kinerja Moncer, Microsoft hampir Menyalip Apple sebagai Perusahaan Paling Berharga


Pada saat yang sama, saham Apple memang turun 0,3 persen menjelang laporannya yang akan dirilis setelah bel perdagangan pada hari Kamis (28/10/2021).

Investor fokus pada bagaimana krisis rantai pasokan global menantang kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan iPhone-nya.

Saham Microsoft telah reli 45 persen sepanjang tahun ini, dengan permintaan yang disebabkan oleh pandemi untuk layanan berbasis cloud yang mendorong penjualan. Di sisi lain, saham Apple juga sudah menguat 12 persen pada tahun 2021.

Nilai pasar saham Apple berhasil menyalip Microsoft pada tahun 2010 silam karena iPhone menjadikannya perusahaan teknologi konsumen utama dunia.

Kedua perusahaan telah saling bergantian berada di posisi puncak sebagai perusahaan paling berharga di Wall Street dalam beberapa tahun terakhir. Sejak pertengahan 2020 Apple memenangkan persaingan tersebut.

Dalam laporannya Selasa malam, Microsoft memperkirakan akhir kinerja yang kuat untuk tahun kalender 2021 berkat bisnis cloud yang berkembang pesat. Di sisi lain, perusahaan memperingatkan ketatnya rantai pasokan akan terus mengganggu unit-unit kunci, sesuai laptop Surface dan konsol game Xbox.

Para analis memperkirakan Apple melaporkan pendapatan kuartal yang berakhir September 2021 dengan rata-rata kenaikan 31 persen menjadi 84,8 miliar dollar AS dan laba per saham yang disesuaikan sebesar 1,24 dollar AS per saham, menurut Refinitiv.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kinerja moncer, Microsoft hampir menyalip Apple sebagai perusahaan paling berhargaDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Auto Post Artikel di Blogspot

Inilah cara menulis artikel secara otomatis di blogger!


(KOM)(MLS)

Share:

Selasa, 26 Oktober 2021

Tidak Disangka, Daftar 11 Maskapai RI yang Bangkrut, Garuda Menyusul?

Tidak Disangka, Daftar 11 Maskapai RI yang Bangkrut, Garuda Menyusul?

 

 

 

Daftar 11 Maskapai RI yang Bangkrut, Garuda Menyusul?


JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia tengah di ambang kebangkrutan. BUMN ini terlilit utang jumbo yakni di atas Rp  70 triliun. Kondisi keuangan semakin babak belur karena anjloknya jumlah penumpang di masa pandemi Covid-19. 

Belum lagi, Garuda Indonesia juga harus melawan berbagai tuntutan PKPU di pengadilan dari para kreditur dan lessor yang dapat berujung pada status pailit. 

Namun jika menilik ke belakang, sebenarnya sudah banyak perusahaan maskapai di Indonesia yang bertumbangan. Penyebabnya beragam, antara lain masalah keuangan, terjerat utang, salah manajemen, kalah bersaing, kecelakaan pesawat, hingga dicabut izinnya oleh pemerintah, 

Berikut ini daftar 11 maskapai penerbangan Indonesia yang kini sudah bangkrut:

1. Adam Air

Di masa jayanya, perusahaan swasta ini sempat disebut-sebut sebagai maskapai penerbangan berbiaya rendah atau low cost carrier terbaik di Indonesia. Jangkauan rute juga penambahan armada pesawatnya terbilang ekspansif sejak didirikan pada tahun 2002.

Namun sebuah kecelakaan naas membuat reputasi Adam Air langsung ambruk seketika. Saat itu, pesawat Adam Air KI 457 rute Jakarta-Manado mengalami insiden kecelakaan di atas perairan Majene setelah hilang dari radar. Seluruh penumpang dan awaknya yang berjumlah 102 orang meninggal.

Tak lama setelah kecelakaan tersebut, pemerintah mencabut izin terbangnya pada 19 Juni 2008 yang menandai berhentinya operasional Adam Air di Tanah Air. 

2. Merpati Airlines

Merpati merupakan maskapai penerbangan milik pemerintah yang beroperasi sejak era Presiden Soekarno, tepatnya perusahaan ini didirikan pada tahun 1962.

Saat itu, belum ada transportasi mumpuni untuk menghubungkan Indonesia yang berbentuk kepulauan dari Sabang hingga Merauke. Sehingga pemerintah merasa perlu untuk membangun maskapai yang khusus melayani penerbangan-penerbangan perintis.

Lihat Foto

BARRY KUSUMA

Pesawat Boeing 737 Merpati di Merauke, Papua.

Selama puluhan tahun, Merpati mengalami masalah keuangan, akan tetapi selalu diselamatkan pemerintah. Beberapa kali pemerintah melakukan upaya restrukturisasi. Puncaknya, Merpati berhenti beroperasi pada tahun 2014 akibat terus merugi dan lilitan utang.

Meskipun sudah berhenti operasi, pemerintah hingga saat ini belum memutuskan untuk melikuidasi Merpati. 

3. Batavia Air

Maskapai bernama PT Metro Batavia ini mulai beroperasi pada 5 Januari 2002. Batavia Air tak hanya melayani penerbangan domestik, akan tetapi juga sejumlah rute internasional dengan menggunakan pesawat Airbus A330-300 dan A320-200.

Pada 30 Januari 2013, Batavia Air dinyatakan pailit oleh PN Jakarta Pusat karena ada permohonan yang diajukan perusahaan sewa guna pesawat International Lease Finance Corporation (ILFC). Sejak itu, maskapai tersebut berhenti beroperasi dan bangkrut. 

Lihat Foto

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Pesawat Batavia Air parkir di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (31/1/2013). Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dalam putusannya No. 77/pailit/2012/PN.NIAGA.JKT.PST tanggal 30 Januari 2013 menyatakan Batavia Air pailit sehingga menyebabkan seluruh kegiatan operasional bisnis penerbangan Batavia Air ditutup mulai pukul 00.00 WIB pada 31 Januari 2013.

4. Sempati Air

Maskapai ini didirikan pada Desember 1968 dan beroperasi pada Maret 1969 dengan nama PT Sempati Air Transport. Maskapai ini melakukan ekspansi yang besar selama akhir 1980-an hingga 1990-an.

Sempati Air pun sempat melayani rute penerbangan berjadwal ke Singapura, Kuala Lumpur, dan Manila. Maskapai ini juga dikenal dengan pelayanannya yang prima.

Namun, Sempati kemudian bangkrut dan bertepatan dengan krisis moneter yang menghantam Indonesia pada tahun 1998. Kabarnya, kebangkrutan juga disebabkan kesalahan manajemen.

5. Mandala Airlines

Mandala Airlines, yang kemudian bernama Tigerair Mandala pertama kali beroperasi pada 17 April 1969. Maskapai ini kemudian dibeli oleh Indigo Partners dan Cardig International pada tahun 2006.

Karena masalah utang, Mandala berhenti beroperasi pada tanggal 12 Januari 2011. Akhir Februari 2011, para kreditur menyetujui restrukturisasi utang Mandala menjadi saham dan kembali beroperasi pada bulan Juni 2011.

Sebagai bagian restrukturisasi, pemegang saham mayoritas adalah PT Saratoga Investment Group (51 persen), Tiger Airways dari Singapura (33 persen), serta pemegang saham lama dan para kreditur (16 persen).

Lihat Foto

Wikimedia

Kecelakaan pesawat Mandala Airlines PK-RIM penerbangan RI91 di Medan, 5 September 2005.

Namun, Mandala menghentikan kegiatan operasionalnya mulai 1 Juli 2014 lantaran kondisi pasar turun dan biaya operasional membengkak karena depresiasi rupiah.

6. Bouraq Indonesia Airlines

Maskapai ini didirikan pada tahun 1970 oleh Jerry Albert Sumendap, pengusaha yang menggeluti bisnis kayu. Bouraq hingga puncak bisnisnya pada era 1980-an.

Pada tahun 1995, Jerry Sumendap wafat dan posisinya digantikan oleh Danny Sumendap yang melakukan restrukturisasi besar-besaran sejalan dengan ketatnya persaingan.

Namun, upaya ini tak berhasil hingga pada tahun 2005, maskapai ini dinyatakan pailit.

7. Bali Air

Meskipun mengambil nama Bali, Bali Air sejatinya merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Jakarta. Perusahaan ini juga bukan dimiliki orang Bali, melainkan Jarry Albert yang berasal dari Manado yang tak lain juga merupakan owner dari Bouraq Airlines. 

Perusahaan penerbangan ini berdiri tahun 1973, akan tetapi sejak februari 2007 operasinya telah dihentikan.

8. Jatayu Airline

Jatayu Gelang Sejahtera atau lebih dikenal sebagai Jatayu Airlines adalah sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Jakarta. Jatayu didirikan pada tahun 2000 dan pernah mengoperasikan penerbangan domestik dan internasional.

Pendirinya adalah seorang pengusaha asal Yogyakarta, Suntinah, dengan penerbangan pertamanya adalah rute Jakarta-Yogyakarta. Belakangan, ownernya beralih kepada Wiryanto Lie. 

Selain masalah keuangan yang mendera, izin operasi maskapai ini kemudian dicabut Kementerian Perhubungan pada tahun 2007 karena dinilai tidak memenuhi aspek keamanan. 

9. Awair Airline

Awair merupakan kepanjangan dari Air Wagon Internasional. Maskapai ini didirikan pada tahun 2000 oleh Abdurrahman Wahid yang juga Presiden RI ke-4. 

Maskapai ini tak benar-benar bangkrut, karena operasinya diambil alih oleh maskapai asal Malaysia, Air Asia. 

10. Star Air

Star Air adalah maskapai udara yang berdiri tahun 2000, masa di mana maskapai swasta di Indonesia bermunculan setelah pemerintah mencanangkan deregulasi penerbangan di Indonesia.

Belakangan, izin dari Star Air dicabut oleh Kementerian Perhubungan tahun 2005 sehingga operasional maskapai ini kemudian berhenti total.

11. Linus Airways

Linus Airways merupakan salah satu maskapai yang berfokus pada penerbangan regional, terutama melayani rute penengangan antar-pulau Sumatera. 

Kota-kota yang dilayani maskapai ini adalah Pekanbaru, Medan, Semarang, Palembang, Batam, dan Bandung. 

Linus sendiri merupakan kependekan dari Lintasan Nusantara. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2004, akan tetapi 2008 operasinya dihentikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Blogspot Auto Post Indonesia => https://malasnulis.my.id

Cara Menulis Artikel Otomatis di Blogger


(KOM)(MLS)

Share:

Senin, 25 Oktober 2021

Harus Tahu Tabrakan saat Uji Coba, LRT Jabodebek Kapan Beroperasi?

Harus Tahu Tabrakan saat Uji Coba, LRT Jabodebek Kapan Beroperasi?

LRT Jabodebek kapan beroperasi? LRT Jabodebek kapan selesai? Pertanyaan semacam ini kembali bermunculan usai LRT Jabodebek tabrakan pada Senin (26/10/2021) kemarin.

Saat ini, LRT Jabodebek belum beroperasi untuk masyarakat umum. Artinya, proyek LRT Jabodebek hingga sekarang belum sepenuhnya selesai alias belum rampung 100 persen.

Adapun tabrakan LRT Jabodebek pada Senin, 25 Oktober 2021, pukul 13.00 WIB tersebut terjadi ketika uji coba, bukan saat mengangkut penumpang.

Tabrakan saat Uji Coba, LRT Jabodebek Kapan Beroperasi?


Tabrakan tersebut melibatkan 2 rangkaian kereta LRT di antara petak Stasiun Harjamukti - Stasiun Ciracas jalur LRT Jabodebek.

“Ini merupakan bagian dari uji coba dan di ruas ini belum ada operasional LRT,” ujar SM PKBL, CSR & Relationship PT INKA Bambang Ramadhiarto dalam keterangan resminya, Senin (26/10/2021).

Kronologi tabrakan LRT Jabodebek bermula saat satu rangkaian kereta akan langsir menabrak rangkaian yang sedang stabling. Kereta dalam kondisi tidak berpenumpang.

Dalam peristiwa ini terdapat satu korban luka ringan yaitu masinis PT INKA dan saat ini masih dirawat di RS. Adapun untuk penyebab kecelakaan masih dilakukan investigasi dari tim PT INKA.

Jadwal operasi dan progres LRT Jabodebek

Kapan operasional LRT Cibubur? Pertanyaan tersebut juga kerap muncul berkaitan dengan rencana operasional LRT Jabodebek yang melintasi rute Cibubur.

LRT Jabodebek sendiri ditargetkan beroperasi pada pertengahan tahun 2022 akan datang untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Ini sekaligus menjawab pertanyaan mengenai kapan LRT Jabodebek beroperasi yang kerap mencuat di kalangan masyarakat sejak proyek tersebut mulai dikerjakan.

Terkait hal ini, ada pula yang bertanya LRT PT apa. Berdasarkan Perpres nomor 49 Tahun 2017, PT KAI ditugaskan untuk menyelenggarakan sarana dan prasarana LRT Jabodebek.

Adapun proyek jalur LRT Jabodebek sendiri dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya, sedangkan kereta LRT diproduksi oleh PT INKA.

Saat ini, KAI bersama para pihak tengah mempersiapkan segala sesuatunya terkait pengoperasian LRT tersebut, baik sarana, prasarana, fasilitas pelayanan penumpang juga perizinan perizinan yang diperlukan.

“Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, tentu kehadiran LRT Jabodebek sangat dinantikan untuk mendukung kegiatan bertansportasi masyarakat yang aman, nyaman dan bebas macet,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya, Rabu (15/9/2021) lalu.

Hingga bulan September lalu, progres LRT Jabodebek hingga 94,36 persen dengan rincian sebagai berikut:

Lintas Pelayanan I Cawang - Harjamukti sebesar 98,98 persen

Lintas Pelayanan II Cawang - Dukuh Atas sebesar 90,7 persen

Lintas Pelayanan III Cawang - Jatimulya sebesar 91,8 persen

Akses stasiun sebesar 42,71 persen

Konstruksi depo sebesar 51,39 persen Sarana sebesar 64,70 persen

Integrasi sebesar 35,49 persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Auto Post Artikel di Blogspot

Inilah cara menulis artikel secara otomatis di blogger!


(KOM)(MLS)

Share:

Minggu, 24 Oktober 2021

Ternyata Kapan Harga Murah dan Mahal Saat Trading Forex?

Ternyata Kapan Harga Murah dan Mahal Saat Trading Forex?

PADA artikel sebelumnya, kita telah mempelajari kesalahan orang dalam trading foreign exchange (forex). Kesalahan-kesalahan ini saya temui selama belajar dan mengedukasi masyarakat Indonesia.

Kesalahan pertama, trader pemula tidak memahami cara pasar forex bekerja, apalagi menghitungnya. Kedua, mereka mencari strategi yang selalu untung. Ketiga, mereka selalu memikirkan keberhasilan dan menyangkal kegagalan.

Tanpa mengetahui cara pasar forex bekerja, kita tidak dapat menilai kapan suatu kondisi disebut murah dan mahal. Pemahaman lainnya pun tak berguna saat trading.

Kenapa demikian? Sebab, kita tidak akan pernah melakukan aksi beli dan jual. Lantas, bagaimana dapat memperoleh keuntungan?

Kapan Harga Murah dan Mahal Saat Trading Forex?


Lihat Foto

Dok. Octa Investama Berjangka

Ilustrasi memilih instrumen investasi.

Forex sendiri merupakan pasar yang unik. Alasan pertama, pasar forex terbuka selama 24 jam dalam satu hari. Kita pun dapat bertransaksi mulai dari Senin hingga Jumat. Hal ini berbeda dengan pasar saham yang hanya buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00.

Kedua, kita dapat melakukan aksi beli dan jual kemudian serta jual dulu baru beli kemudian. Ini berarti, kita dapat bertransaksi di pasar forex tanpa memiliki barangnya. Menarik, bukan?

Sebelum berbicara soal strategi, mari kita batasi pembahasan artikel ini pada harga murah dan mahal pada trading forex.

Sebenarnya, ada banyak cara menilai harga murah dan mahal. Perlu digarisbawahi, kita akan memperoleh harga termahal dan termurah berbeda-beda, tergantung satuan waktu yang kita gunakan.

Ambil contoh saja harga nilai tukar euro terhadap dollar Amerika Serikat (EUR/USD). Dalam satu bulan, kita akan menemukan harga terendah dan tertingginya sebagai berikut.

Lihat Foto

Dok. Octa Investama Berjangka

Grafik pergerakan nilai mata uang EUR/USD pada periode satu bulan, mulai dari 1 Juni-1 Juli 2021 pada broker Octa Investama Berjangka. Harga tertinggi dan terendah ditunjukkan dengan garis merah.

Namun, bila melihat pergerakan nilai tukar EUR/USD selama tiga bulan, kita akan menemukan harga terendah dan tertinggi yang berbeda dibandingkan periode satu bulanan. Simak grafik berikut.

Lihat Foto

Dok. Octa Investama Berjangka

Grafik pergerakan nilai mata uang EUR/USD pada periode tiga bulan, mulai dari 1 April-1 Juli 2021 pada broker Octa Investama Berjangka. Harga tertinggi dan terendah ditunjukkan dengan garis merah.

Secara sederhana, garis harga-harga terendah pada grafik di atas merupakan area beli, sedangkan garis harga-harga tertinggi adalah area jual. Hal ini dapat dijadikan rumusan awal bagi Anda yang mau memulai trading forex.

Dengan melihat dua grafik tersebut, Anda mungkin akan kebingungan dalam menentukan harga terendah dan tertinggi. Apakah harus berdasarkan grafik perubahan harga periode satu bulan atau tiga bulan?

Lihat Foto

Dok. Octa Investama Berjangka

Ilustrasi analisis teknikal forex.

Bila hal itu ditanyakan, jawaban subyektif dari seorang trader atau pelaku pasar akan muncul. Saya, misalnya, akan menjawab, “Berapa lama Anda ingin berada di pasar? Bila satu bulan, minimal periode grafik nilai tukar yang Anda baca adalah satu bulan ke belakang. Bila tiga bulan, grafik yang dibaca adalah 3 bulan ke belakang."

Hal tersebut juga berlaku bila Anda ingin berada di pasar selama satu jam saja. Jika demikian, Anda harus membaca grafik nilai tukar pada periode satu jam ke belakang. Akan sia-sia atau tidak ada gunanya bila Anda menentukan titik harga tertinggi dan terendah menggunakan grafik nilai tukar harian.

Contoh grafik nilai tukar untuk satu jam dapat dilihat pada gambar berikut.

Lihat Foto

Dok. Octa Investama Berjangka

Harga yang ditampilkan pada grafik di atas merupakan nilai tukar EUR/USD untuk satu jam. Jadi, dalam satu candle, menggambarkan satu jam.

Untuk diketahui, tiga grafik yang ditampilkan tadi menggunakan bentuk lilin atau candlestick. Penjelasan bagian candlestick dapat dilihat pada gambar berikut.

Lihat Foto

Dok. Octa Investama Berjangka

Bagan penjelasan candlestick.

Jika Anda ingin berada di pasar selama satu jam, grafik dengan candlestick yang mewakili satu jam tidak akan dapat digunakan untuk menentukan tertinggi dan terendah bukan?

Penjelasannya begini. Grafik satu bulan terdiri dari 20 candlestick harian. Jumlah candlestick tersebut sudah cukup untuk menentukan harga tertinggi dan terendah dalam periode satu bulan ke belakang.

Dengan asumsi yang sama, bila ingin berada di pasar hanya satu jam, Anda pun membutuhkan setidaknya 20 candlestick. Karena itu, Anda membutuhkan grafik dengan candlestick yang menggambarkan nilai tukar EUR/USD selama tiga menitan.

Karena keterbatasan pengolahan data tiga menitan, saya menggunakan data satu menitan. Dengan demikian, saya memperoleh 60 candlestick untuk grafik satu jam ke belakang. Grafiknya dapat dilihat pada gambar berikut.

Lihat Foto

Dok. Octa Investama Berjangka

Gambar grafik di atas adalah gambar pergerakan harga satu menitan untuk EUR/USD pada Jumat (2/7/2021).

Agar dapat menganalisis grafik perubahan nilai EUR/USD secara teknikal, saya secara subyektif biasanya menggunakan prinsip 1:3. Jika saya ingin trading selama satu jam, data yang harus saya analisis adalah tiga kali dari periode waktu saya berada di pasar. Ini berarti, saya menganalisis harga titik terendah dan tertinggi dalam grafik tiga jam ke belakang. Contohnya dapat dilihat pada grafik di bawah.

Lihat Foto

Dok. Octa Investama Berjangka

Grafik menampilkan data satu jam dengan satu candlestick mewakili harga satu menit. Harga tertinggi dan terendah ditentukan tiap 20 candlestick dengan garis horizontal.

Dengan menarik garis horizontal sesuai gambar di atas, Anda dapat menerimai garis-garis acuan harga tertinggi dan terendah. Lalu, kita sepakati bahwa garis di atas harga saat ini merupakan harga mahalnya, sedangkan garis di bawah harga saat ini adalah harga murahnya.

Dalam bahasa analisis teknikal, garis di bawah harga saat ini adalah support, sedangkan garis di atas harga saat ini disebut resistance.

Itulah cara yang dapat saya bagikan untuk menentukan kapan harga disebut murah dan mahal. Semoga bermanfaat!

Catatan: Trading CFD dengan leverage mungkin dapat membekali keuntungan tinggi, tetapi juga dapat menyebabkan Anda kehilangan dana. Mohon pertimbangkan risikonya sebelum berinvestasi.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Auto Post Artikel di Blogspot

Inilah cara menulis artikel secara otomatis di blogger!


(KOM)(MLS)

Share:

Advertisement

BTemplates.com

Blog Archive